Start to Write

How Music Affect You

Posted in About My Mind by eecho on December 4, 2007

Tulisan ini berasal dari sebuah pertanyaan…..

 

kalau saya ditanya kenapa saya suka musik…saya bingung untuk menjawabnya….kalau saya ditanya kenapa saya suka batagor..mungkin saya bisa menjawab karena rasa gurih dan renyahnya sangat enak. trus kenapa enak? mungkin karena tubuh (terutama lidah dan perut) dan pikiran merasa nyaman/puas ketika merasakan hal tersebut…

 

kalau begitu mengapa ketika saya mendengarkan musik, dengan alunan-alunan yang harmonis..menstimulus pikiran untuk merasakan suatu kejadian yang dianalogikan dengan harmonisasi melodi tersebut..

 

contoh : ketika kita mendengar lagu yang romantis dan kita menikmatinya..pasti pikiran kita setema dengan lagu tersebut yaitu romantis dan melankolis, berbeda perasaanya dengan ketika kita mendengar lagu rock/metal….kenapa bisa begitu? saya juga bingung…

 

…bingung euy…lagian kayaknya jadi nggak nikmat kalau ketika saya mendengar musik teringat dengan analisis ilmiah yang muncul dalam pikiran…

 

Tapi saya yakin ada suatu pendekatan yang bisa dilakukan untuk mengeksplor lagi efek musik terhadap tubuh atau perasaan…soalnya pernah baca klo al kindi (atau siapa ya lupa, pokoknya ilmuwan muslim jaman dahulu kala) pernah menyembukan seseorang dengan menggunakan musik..Cuma nggak tau penyakit apa itu…bukan kudis ato kurap kayaknya

One Response

Subscribe to comments with RSS.

  1. ade said, on December 5, 2007 at 11:33 am

    Mungkin begini : Hasil penginderaan suara tersebut membuat aliran sinyal2 tertentu di neuron kita. Sinyal2 yg mengalir tsb adalah hasil dari persepsi kita terhadap suara yg kita dengar tsb. Jadi, intinya mah persepsi. Mungkin ada orang yg ketika mendengar lagu romantis menjadi “lunglay, mendayu2”, mungkin ada jg yg menangis karena mengingatkannya saat putus cinta. Jadi, ya…tergantung persepsi orang tsb.


Leave a Reply

