Start to Write

CMX v 2.0 – Design Pattern – True AJAX

Posted in Informatics Idea by eecho on December 4, 2007

Sekarang saya sedang coba merencanakan pembuatan produk TA, yaitu membuat modular functional content management system (CMX2) menggunakan teknologi AJAX. Ada beberapa perbaikan-perbaikan yang akan dilakukan terhadap hasil pembuatan CMX sebelumnya, antara lain :

  1. Konsep pattern (true framework), sebelumnya walaupun ada module API, tetapi terlihat module terinstalasi belum terintegrasi sepenuhnya dengan sistem yang ada.
  2. Konsep UI pattern, sebelumnya membuat/mendefinisikan skin sangatlah sulit, sehingga developer luar akan sangat sulit mengembangkan skin, selain itu pendefinisiannya memberikan batasan dalam membuat skin.
  3. Konsep true AJAX, keunggulan AJAX, selain tidak memerlukan refresh page, juga dapat melakukan dua request atau lebih secara bersamaan (terlihat bersamaan). Tetapi pada CMX, objek yang dibentuk hanyalah sebuah, sehingga tidak memungkinkan membuat dua request secara bersamaan.
  4. Konsep full Object-Oriented UI, pada CMX kita mendefinisikan XSLT sebagai cara mempresentasikan tampilan
  5. Menggunakan ADOdb, agar dalam mengeksekusi user CMX dapat menggunakan beberapa database.

Selain itu pada CMX v 2.0 ini akan dipertahankan beberapa fitur-fitur utamanya, yaitu :

  1. Drag’n Drop Object Table, selain itu ditambah efek-efek transisi, untuk Membuat sebuah objek baru, Menghancurkan objek, serta ditambah fungsi minimaze, dan maximize dari sebuah Object
  2. WYSWYG Text Editor menggunakan FCKEditor

 

Selain itu paradigma pengembangan yang akan dilakukan lebih bersifat user oriented, artinya tidak lagi kepada teknologi, karena batasan teknologi telah ditetapkan. Oleh karenanya produk akhir nanti yang akan dihasilkan harus bisa digunakan oleh end-user.

 

Jikalau melihat postnuke atau CMS-CMS lainnya maka terlihat sekali kekompleksan dari CMS tersebut, oleh karenanya sebaiknya ketika mengembangkan CMX, lebih terfokus pada paradigma kita sendiri, sehingga pemikiran kompleks tidak mengganggu (tidak lagi terfokus pada CMS lainnya), bisa jadi CMX itu simple karena menggunakan suatu pattern tertentu seperti MVC.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: