Start to Write

Different Section of Game – Chess

Posted in Chess Notes by eecho on December 4, 2007

Permainan catur adalah permainan yang cukup kompleks, bahkan untuk seukuran komputer pun untuk memikirkan langkah mana yang diambil membutuhkan waktu yang cukup lama apalagi pada manusia. Sehingga dibuatlah panduan-panduan dalam bentuk garis besar untuk memudahkan mencapai tujuan.

 

Sekarang saya mengerti mengapa ada yang namanya opening, mid-game, dan end-game. Hal tersebut hanya untuk memudahkan kita apa yang harus dilakukan pada saat tersebut. Pada saat opening, kita tidak memfokuskan berfikir untuk men-check lawan, tetapi bagaimana membuka ruang dan membuat pertahanan yang baik. Pada saat mid-game kita fokus dalam hal membuat perkembangan, meng-counter penyerangan-penyerangan lawan, membuat strategi untuk membuat posisi kita makin superior. Sedangkan pada saat end-game, kita fokus untuk men-checkmate lawan.

 

Untuk orang-orang yang cukup cerdas pun, mengikuti analisis suatu langkah yang memunculkan variasi-variasi turunannya membutuhkan waktu yang cukup, dan variasi-variasi turunanpun memunculkan variasi-variasi berikutnya, sehingga tidak mungkin dalam suatu kondisi baru beberapa langkah orang langsung berpikir untuk men-checkmate lawan, karena pada saat itu kemungkinan yang tersisa masih berjumlah jutaan bahkan puluhan juta kemungkinan.

2 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. hariyadi said, on July 28, 2008 at 2:50 am

    bujug dah…..Ternyata sesulit itu yah catur….whahaha…

    Memang strategi harus jitu, kang sy link blognya yah!..maaf baru nemu euy.

  2. Farijs van Java said, on September 18, 2008 at 7:13 am

    pembukaan (putih ) dan pertahanan (hitam) dalam catur adalah awal penentu kemenangan dan kekalahan, apabila kita tidak menguasai hal tersebut maka kita seperti perang di pertempuran yang tidak tahu medannya seperti apa? (disungai/dilumpur/disawah), tiap pembukaan dan pertahanan ada maksud dan tujuan, baru kita masuk ke inti permainan (mempertahankan pembukaan /pertahanan yang kita pilih atau kita menyerah), permainan akhir adalah seperti matematik.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: