Start to Write

Learning from Experience

Posted in Chess Notes by eecho on December 4, 2007

Kaizen, improve..improve…improve, pelajaran yang saya dapatkan dari kekalahan saya di kantor RW lawan RT 07 adalah :

 

  1. Psikologi waktu, jika memang tidak dibatas waktu, pikirkanlah secara seksama (terutama di mid-game), nggak usah mikirin waktu (tapi dilatih untuk bisa berpikir cepat).
  2. Sumberdayakan kedua sayap, jika salah satu sayap buntu, maka castling menjadi hal yang urgent, jika kita memilih castling pada posisi salah, maka bersiaplah menerima serangan menyakitkan (karena pertahanan yang sudah rapuh).
  3. Matikan ekspansi lawan, pada mid-game ada beberapa agenda yang harus dilakukan, bunuh langkah bidak-bidak lawan yang memiliki posisi bagus dan punya nilai penting. Maksimalkan potensi bidak-bidak yang tidak dapat gerak. Pertahankan point, dan terus bergerak sebaik-baiknya.
  4. Mental ketika bertanding, memang saya tidak terlalu memikirkan menang atau kalah, tetapi saya masih bingung apa langkah saya bagus atau tidak. Jika saja saya dapat mendapatkan spot pikiran lawan, itulah uniknya catur, bisa jadi ada spot yang tidak terlihat.
  5. Opening dan Endgame adalah pembuka dan penutup, isi dari taktiknya ada di midgame, the true fighting is in midgame.

 

Sampai sekarang saya belum mendapatkan inti dari kemenangan di permainan catur, masih banyak misteri yang belum terkuak, oleh karenanya pengalaman menjadi alat untuk menguak misteri-misteri yang belum terkuak.

 

 

Ketika bermain catur, mental menjadi suatu hal yang penting apalagi disuatu event yang resmi. Mempertahankan konsep mind bahwa catur adalah sebuah permainan menjadi sangat penting. Dengan mental tersebut diri kita menjadi terfokus kepada permainan yang kita lakukan tidak ada ketakutan-ketakutan yang membuyarkan konsentrasi.

 

Catur adalah suatu permainan yang menghasilkan kalah dan menang atau seri, layaknya permainan-permainan lain. Jika rasa takut sudah menguasai tubuh maka konsentrasi, fokus, koordinasi akan menjadi kacau.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: