Start to Write

Hidup tanpa Ijazah?

Posted in About My Mind by eecho on July 6, 2008

Suatu pertanyaan yang cukup meningkatkan adrenalin dalam diri. Suatu pertanyaan yang dianggap sangat bodoh untuk saat ini. “Mau jadi apa kau tanpa ijazah!”, Jika bukan karena raut muka dan harapan dari orang tua yang selalu saya cintai saat ini…ingin rasanya merasakan sensasi fearness, unsecureness, adventurous dari status yang hanya lulusan SMA.

Setelah selesai mengerjakan TA, setelah lima tahun lamanya (sejauh yang saya ingat) saya telah berkutat dengan kuliah. Ketika tiba akhirnya ingin kuakhiri rutinitas kuliah ini, sampai juga informasi yang sangat penting tapi tidak kuketahui sampai saat ini (kebodohan yang cukup besar di sepanjang sejarah hidup). Niat hati ingin mengurus wisuda…ternyata ada syarat kelulusan yang tidak kupenuhi..”anda kurang 2 sks mata kuliah pilihan program departemen informatika” BOODOOOOH…suatu informasi yang tidak sengaja tidak kuhiraukan selama ini. Konsekuensinya, saya harus kuliah LAGI!! Semester depan 2 sks. Tapi setidaknya saya bisa menjadi sejarah…kok saya merasa bangga ya dibilang TU “kamu orang pertama dengan kasus seperti ini”. Jika mempertanyakan siapa di IF 2003 yang paling pinter pembahasannya bakal lama, tapi klo cari siapa yang paling bodoh haha jawabannya sepertinya jauh lebih mudah.

“Kita takkan pernah tau apa yang akan terjadi nanti, biarlah yang kita tahu hanya bahwa kita harus coba maknai hari ini, dan biar esok menjadi misteri” … The rain

Ingin rasanya merasakan seperti apa yang dirasakan Ajip Rosidi “Saya bisa hidup tanpa ijazah”. Sesungguhnya sampai saat ini pun saya yakin bahwa bukanlah selembar kertas yang membuat kita dapat hidup dari gaji yang didapat. Sampai saat ini saya mulai mempertanyakan kembali intensi awal keinginan tuk mendapatkan titel S.T. “what the meaning of this?”. Keadaan saya saat ini memberikan suatu atmosfer yang cukup bisa mengembalikan kesadarankembali tentang arti kuliah?

Untungnya dah punya perusahaan sendiri, bisa digaji (menggaji diri sendiri) walau belom lulus😀 . “Semester depan kuliah ga ya Mah?”. Rupanya diingatkan lagi oleh Allah, dulu suka bilang klo saya kuliah untuk nyari ilmu bukan untuk nyari nilai…sekarang rupanya pernyataan itu ditagih😀 .

5 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. ronald said, on July 6, 2008 at 11:53 am

    bos,,,
    kalo saran gua sih mending lo kuliah aja semester depan..
    toh cuma 2 sks ini, memang sih terkadang gelar itu hanya selembar kertas..
    tapi selembar kertas itu lah yang akan banyak membantu lo mengarungi hidup..
    coba lo liat direksi perusahaan-perusahaan IT yang besar, kebanyakan mereka mengantongi gelar master loh…
    bos Google aja gelarnya PhD….
    gelar itu penting loh…

  2. febrian said, on July 6, 2008 at 12:00 pm

    rasanya sayang sayang San, gak boleh kan kita membiarkan sesuatu dengan mubadzir, 4 tahun perjuangan walaupun ada juga bagian dari usaha kita untuk mencari nilai, tp pasti ilmu yang kita peroleh juga gak kalah banyak, jadi ayo San ! kita menuju akhir!

  3. Elfira Y S said, on July 7, 2008 at 9:49 am

    — punya ijazah juga bisa hidup.. hehehehe..

    ayo2, tinggal sedikit lagi!

  4. rezaageung said, on July 28, 2008 at 9:42 am

    Arti ijazah tergantung cerita besar yang sedang kau bangun. JIka ijazah itu adalah bagian darinya (cerita besar itu), maka ijazah itu adalah penting bagimu dan tidak boleh tidak harus kau dapatkan. KArena ijazah bukanlah sekedar modal melamar pekerjaan dan anak gadis. Lebih dari itu, ijazah adalah MONUMEN sebuah pencapaian dalam sepenggal segmen sandiwara hidupmu.

    Sebaliknya, jika ia (ijazah) bukanlah bagian dari cerita besar hidupmu, barangkali mengejarnya hanya membuang waktu dan tenaga saja.

    Kalau kau belum punya cerita besarnya, sebaiknya bikin dulu. BAru menentukan arti ijazah itu.

  5. -qQ- said, on August 2, 2008 at 6:43 pm

    how come??

    saking serius belajar yah?? hahaha…

    nanggung juga sih 2 sks, ayo kejar! lumayan juga kan ilmunya!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: