Start to Write

Mengapa Harus Bermimpi Besar

Posted in About My Mind, Islam, Sastra Creation by eecho on June 19, 2012

Jika membaca quote-quote orang besar, ada saja satu kalimat yang berbunyi “bermimpi besarlah”. Kalimat sederhana yang ternyata tidak semudah perkataan. Kenyataannya pun membuktikan bahwa tidak banyak orang yang memang bermimpi besar, sekedar memenuhi kebutuhan hidupnya dan menjalani hidup dengan normal.

Mengapa hal itu sulit? karena mimpi besar berarti juga tantangan yang besar. Memindahkan batu kecil tentu tidak perlu tenaga dan pikiran yang besar. Berbeda ketika memindahkan sebuah gunung, maka tenaga dan pikiran yang dibutuhkan akan sangat-sangatlah besar. Untuk apa kita bersusah payah mengejar mimpi itu? bukankah lebih mudah mencari jalan yang lebih ringan?

Apa untungnya bagi kita memiliki mimpi yang besar? Apa untungnya bagi kita mengeluarkan energi yang sangat besar? Apa untungnya bagi kita mengorbankan waktu-waktu santai kita dengan pekerjaan yang menyita tenaga dan pikiran? jawaban semua pertanyaan itu adalah, karena orang yang bermimpi besar tahu bahwa waktunya saat ini bukanlah titik akhir.

Seorang peserta marathon akan terus berlari, walau rasa panas, sakit, haus, terus menggerogoti dirinya sepanjang perlombaan. Mengapa? karena dia sangat menyadari bahwa dia belum di garis finish. Seterik apapun matahari, sepanas apapun jalan yang dia lewati selama dia masih memiliki tenaga maka dia akan terus berlari. Walaupun dia bukanlah juara pertama, dirinya akan sangat puas ketika berhasil mencapai garis finish tersebut, apalagi jika dia berhasil menjadi pemenang. Itulah titik akhir, itulah garis finish, garis yang memisahkan antara yang terus berlari dengan yang sekedar berjalan bahkan berhenti.

Jika kita menyadari sepenuhnya bahwa hidup ini bukanlah titik akhir, maka tentu kita berharap untuk memiliki mimpi besar yang jika tercapai nanti semoga menjadi medali kita saat melewati garis finish kelak. Kita sangat menyadari bahwa, obrolan perjuangan dan kemenangan hanya terjadi ketika perlombaan telah selesai, apa yang akan kita katakan jika kita berhenti berlari sebelum garis finish dilewati?

Tagged with: ,

One Response

Subscribe to comments with RSS.

  1. velasco said, on September 11, 2016 at 9:42 am

    terimakasih atas motivasinya, sangat bermanfaat


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: