Start to Write

BelajarBahasa.ID

Posted in About My Mind by eecho on March 16, 2016

“Because without our language, we have lost ourselves. Who are we without our words?”
Melina Marchetta, Finnikin of the Rock

Ya, bahasa adalah jembatan komunikasi, tanpanya peradaban tidak akan terbangun, dan ilmu pengetahuan akan hilang. Sepanjang sejarah manusia yang cukup lama, manusia tersebar ke seluruh penjuru dunia menghasilkan berbagai macam dialek, bahasa dan kultur yang berbeda. Setiap bahasa dan kultur memiliki keunikan tersendiri, dan juga menyimpan sejarahnya masing-masing. Kemudian datang masa dimana setiap orang kini dapat mengakses informasi apapun di manapun, itulah dimana internet telah menjangkau disetiap jengkal hidup manusia. The world is flat, istilah ini muncul bukan secara harfiah, tetapi maknanya setiap orang kini bisa dikatakan memiliki kesempatan yang sama dalam mengakses informasi, dan pada saat ini dapat dikatakan bahwa Information is power.

Hanya saja ada satu kendala ketika kita sudah dapat mendapat akses informasi itu, bahasa. Kini sudah banyak situs-situs yang mendokumentasikan buku-buku hingga ribuan sebagai dokumentasi dari ilmu pengetahuan dan peradaban. Sayangnya buku-buku tersebut ditulis dengan bahasanya, dan masih sulit menemukan buku-buku alih bahasa untuk koleksi-koleksi klasik. Oleh karenanya mau tidak mau, kemampuan bahasa untuk subjek yang sedang kita baca mutlak harus dikuasai. Walaupun kini sudah ada berbagai teknologi untuk melakukan translasi, tetapi hasilnya belum ideal, apalagi jika tulisan itu termasuk jenis sastra yang cita rasa bahasanya cukup mendalam.

Disinilah visi belajarbahasa.id muncul, dengan infrastruktur internet yang kini sudah menjangkau cukup luas, seharusnya dapat kita jadikan kesempatan untuk membuat connected world menjadi kenyataan. Kendala pembelajaran bahasa ini yang sedang dicoba untuk diselesaikan, bayangkan jika setiap orang Indonesia dapat dengan mudah belajar bahasa apapun yang dia butuhkan.

Walaupun kita pahami pembelajaran bahasa tidaklah mudah, apatah lagi tanpa adanya interaksi langsung guru-murid secara tatap muka. Tapi bukankah dengan kendala itu mendorong manusia berinovasi menghasilkan solusi-solusi baru untuk menyelesaikan masalah. Belajarbahasa.id adalah langkah awal untuk menyelesaikan masalah tersebut, tentu inovasi-inovasi baru perlu ditemukan untuk semakin mendekatkan kepada tujuannya, Menjadi sarana pembelajaran bahasa online secara efektif.

“Personally I think that grammar is a way to attain beauty.”
Muriel Barbery, The Elegance of the Hedgehog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: