Start to Write

Khilafah, Bentuk Sempurnanya Penerapan Islam

Posted in Uncategorized by eecho on March 26, 2013

Istilah khalifah, Imam atau Amirul Mu’minin mempunyai makna yang sama, yang ditujukan kepada kepemimpinan tertinggi di dalam tubuh umat Islam. Sebagaimana dapat disimpulkan dari pendapat Abul Hasan al Mawardi, Ibnu Hazm maupun At Taftazani dll. Kesimpulan mereka dilandasi oleh isyarat atau nash-nash qoth’iy firman-firman Allah maupun sunnah Rasulullah shallallahu alaihi wasallam.

“Hai orang-orang yang beriman, tha’atlah kepada Allah dan tha’atlah kepada Rasul-(Nya) dan Ulil Amri diantara kamu…” (S. An-Nisa : 59).

Sedangkan Khilafah adalah konstitusinya dimana umat Islam di pimpin oleh seorang Khalifah.

Mengapa Khilafah Penting?

Ajaran Islam sangat lengkap dan detail, seluruh aspek kehidupan manusia tercakup didalamnya , mulai dari urusan yang sederhana seperti etika makan dan minum hingga urusan yang lebih luas seperti negara dan aturan yang ada didalamnya. Selain itu khabar sempurnanya islam (QS: Al-Maidah 3), rupanya disertai perintah Allah untuk mengimplementasikan islam secara sempurna.

“Hai orang-orang yang beriman, masuklah kamu ke dalam Islam secara keseluruhannya..” (QS: Al-baqarah 208)

Tanpa adanya Khilafah, maka implementasi islam menjadi tidak sempurna, karena hukum-hukum peradilan dalam islam seperti Ta’zir, Jinayat, dan Qishas tidak dapat dilaksanakan, sedangkan semuanya itu adalah kewajiban yang harus dilaksanakan. Kebijakan-kebijakan lain pun terkait ekonomi, sosial tidak dapat pula diterapkan pada tingkat negara tanpa adanya institusi yang melindungi penerapannya, yaitu Khilafah.

Kelalain dalam penerapan Islam ini akhirnya menimbulkan banyak kedzaliman yang dialami kaum Muslim yang tidak bisa dihentikan, karena tidak ada institusi melindunginya, yaitu Khilafah. Sedangkan Rasulullah telah berpesan dalam hadistnya,

“Bahwasanya Imam itu bagaikan perisai, dari belakangnya umat berperang dan dengannya umat berlindung.” [HR. Muslim]

Perkara penting ini tidak boleh sampai dilalaikan oleh kaum muslim, setiap detik tanpa adanya Khifalah, berarti telah terjadi banyak kemaksiatan, juga kedzaliman yang terjadi. Perjuangan tegaknya Khilafah ini bukanlah perjuangan bagi sekelompok orang saja, tapi harus menjadi perjuangan bagi setiap kaum Muslim.

 

 

Tagged with: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: